Belajar Membangun Kepercayaan Diri Melalui Perawatan Diri Dan Komunikasi Yang Efektif Di Nutrihub Jakarta
![]() |
| Sumber foto: brightchamp.com |
Zamannya media sosial mau apapun sekarang sangat dipermudah untuk mendapatkan informasi, hingga keberadaan media sosial merupakan mobilisasi yang sangat penting untuk menunjang aktivitas apapun bahkan dalam bisnis dan hobi sekalipun. Tidak dipungkiri memang banyak sekali manfaatnya namun ada juga sisi negatifnya karena tidak semua orang bisa bijak menggunakan media sosial.
Kini media sosial menjadi primadona tempat untuk menyalurkan apapun. Tapi, banyak yang tidak kita sadari kalau kita tidak bisa mengontrol penggunaannya, bisa jadi bumerang buat diri kita sendiri, karena apa yang kita keluarkan itu merupakan cerminan diri kita. Di kelas workshop ini kita akan belajar cara berkomunikasi yang efektif yang bukan hanya untuk komunikasi baik digital maupun fisik.
![]() |
| Ani Berta founder @komunitasisb |
Mengikuti kelas workshop The Power of Presence, saya begitu tertarik untuk menghadirinya, karena merasa sangat minim dalam diri ini untuk terlihat slow dan bagaimana cara berkomunikasi dengan baik. Tidak mau melewatkan kesempatan soalnya kapan lagi bisa dapat ilmu gratis dari seorang dosen LSPR yang sangat berkompeten di dunia public speaking.
Yang saya tau public speaking itu hanya sebatas cara penyampaian berbicara di hadapan publik saja, tapi ternyata banyak unsur yang harus kita pahami lebih dalam supaya apa yang kita sampaikan tidak asbun alias asal bunyi dan menjadi percaya diri. Nah, di sesi workshop ini kedua narasumber para lecturer LSPR ini mengajarkan bagaimana cara komunikasi yang efektif dengan baik.
![]() |
| Miss @itadelic |
Confident Formulation
◾Clarity
➡️ Saya tahu apa yang ingin saya sampaikan
◾Preparation
➡️ Saya tahu kepada siapa saya berbicara
◾Preference
➡️ Saya hadir sepenuhnya ketika berkomunikasi (digital maupun fisik)
Selain itu juga public speaking adalah story telling untuk cari perhatian, ada baiknya dikasih pengalaman atau contoh, lalu kasih pesan apa yang harus mereka pahami dan bereaksi apa yang akan mereka lakukan setelah mendengarkan anda. Ayo yang jago storytelling apa kalian sudah berhasil membuat audiensnya memahami dan terkesan apa yang sudah dikomunikasikan?
![]() |
| Miss @elkealex |
Buat saya pribadi si kalau berbicara berhadapan langsung ada rasa tegang dan kikuk secara belum menguasai skill public speaking, makanya mau sangat tertarik untuk mempelajari publik speaking, biarpun seorang Ibu Rumah Tangga tapi ilmu apapun penting supaya jadi Ibu Rumah Tangga yang berwawasan luas. Harta akan hilang, uang akan habis tapi ilmu akan selalu melekat dalam diri, bisa diterapkan untuk diri sendiri, diamalkan ke anak atau yang berbagi di media sosial yang pastinya akan bermanfaat buat pembacanya.
Apa itu Presence
Presence yang artinya meliputi penampilan, attitude, komunikasi dan percaya diri.
▪️How you look
▪️How you speak
▪️How you behave
▪️How People feel after meeting you
Yes, ternyata banyak berbagai aspek yang menunjang supaya kita terkesan lebih elegan ketika menampilkan diri kita di depan publik. Seperti diantanya aspek komunikasi dan perilaku yang disarankan yaitu:
1. Voice
➡️ Berbicara dengan jelas, volume suara cukup terdengar, tidak terburu buru.
2. Eye Contact
➡️ Menjaga kontak mata secara natural tidak menghindari lawan bicara
3. Smile
➡️ Tersenyum tulus dan ramah
4. Active Listening
➡️ Mendengarkan dengan penuh perhatian, tidak memotong pembicaraan, memberikan respons yang menunjukkan pemahaman
5. Positive Laungage
➡️ Gunakan kalimat yang berorientasi pada solusi dan optimisme.
Nah, iya kan jika semua aspek diatas bisa dikuasai bagi seorang public speaking, tentu akan menjadi sebuah value yang orang akan merasa teringat dan kagum dengan penampilan saat tampil di depan publik. Bukan hanya kagum, akan tetapi juga berhasil untuk memberi contoh secara tidak langsung dan aura positifnya akan menular pada sekitarnya. Dengan merawat diri mulai dari rambut sampai ujung kaki penting juga untuk diperhatikan supaya bisa tampil dengan penuh percaya diri.
![]() |
| Peserta workshop |foto:@komunitasisb |
Kurang lebih 4 jam menyimak pemaparan tentang public speaking dan bagaimana caranya membranding diri tidak terasa karena keasyikan. Berkaitan dengan itu, pembicaraan di selingi oleh mbak Dian dari Nutrifood yang menjelaskan "Bagaimana cara agar kita tetap produktif dan bahagia", tentunya selain olahraga, tentunya pola makan yang harus kita perhatikan, misalnya dengan membatasi asupan gula dan garam harian.
![]() |
| Mbak Dian dari Nutrifood |
Kurangi juga kecap, saos dan sambal saat makan, duh mana tiap hari makan sambal, maklum lah orang sunda kalau makan tidak pernah lepas dari yang namanya sambel, kalau gak ada sambel ya saos karena hambar kalau tidak makan yang ada sensasi pedasnya, hehe. Nah berkaitan juga kan antara kesehatan dengan The Power of Presence, supaya kita bisa jadi percontohan yang baik, tidak ada salahnya juga kita menerapkan pola hidup sehat seperti yang mbak Dian jelaskan diatas.
Keren si ini workshopnya, positive vibes dari narsumnya langsung nular. Aku yang sebagai Ibu Rumah Tangga merasa dapat support dengan perkataan beliau kalau "sukses itu tidak harus dari hal yang besar" beliau mencontohkan kalau misalnya seorang ibu yang telah mengantarkan anaknya sekolah dengan selamat, itu sudah menunjukkan sukses. Jadi kita harus percaya diri karena hal yang dianggap biasa bisa jadi sesuatu yang bernilai dan itu bisa memunculkan rasa percaya diri kalau semua orang punya nilai. Wah, jadi pede otomatis, hehe.
Karena keterbatasan waktu, tiba saatnya workshop The Power of Presence, Building Confident Throught Personal Grooming And Effective Communication berakhir, banyak insgiht, pengalaman baru yang dan ilmu yang sangat bermanfaat tentunya. Terimakasih @komunitasisb @aniberta yang sudah memfasilitasi terselenggaranya workshop ini dan buat para narasumber @elkealexa @itadelic yang secara sukarela telah memberi ilmunya buat para peserta untuk Belajar Membangun Kepercayaan Diri Melalui Perawatan Diri Di Nutrihub Jakarta.
Sekilas riview sedikit tentang Nutrihub Jakarta, tempatnya di tengah kota Jakarta yang dekat dengan stasiun tentu memudahkan buat saya pengguna KRL, tempatnya adem, tenang tidak bising, cocok buat acara workshop atau diskusi. Tempatnya juga bersih, tersedia minum gratis dan Mushola yang nyaman dan lengkap dengan nu kena buat yang tidak bawa mukena.
Sukses dan sehat selalu buat kita semua. See you!










Masya Allah...bermanfaat sekali kegiatannya...sangat menambah ilmu sekaligus meningkatkan kemampuan public speaking dengan latihan langsung..
BalasHapusJujur pingin banget ikut kegiatan ini pas di share di WAG ISB, apa daya waktunya di jam kerja. Pingin upgrade skill public speaking dr yg memang kompeten dan pakarnya... makasih udah sharing ya mbaa
BalasHapusIlmu public speaking dan presence itu penting banget buat siapa saja, termasuk ibu rumah tangga maupun kreator konten. Poin Confident Formulation dan aspek komunikasi yang dibagikan dari para dosen LSPR ini beneran daging banget materinya.
BalasHapusBerkesan banget mengikuti kelas
BalasHapusworkshop The Power of Presence, apalagi tempatnya di Nutrihub yang super duper nyaman. Sangat mendukung untuk proses belajar.
Banyak sekali ilmu yang didapatkan. Pastinya akan bermanfaat untuk keseharian ya.