Langsung ke konten utama

Bukan Halu, Ternyata Ada Bus Tanpa Awak di The Breeze BSD City

Autonomous Vehicle at Green Office Park BSD City

Pernah ngebayangin kendaraan tanpa awak gak? Jujur kalau saya pernah dan sering menghakhayal kendaraan darat tanpa awak tapi bukan berarti yang dikendarai oleh makhluk astral ya, tapi benar-benar kendaraan tanpa awak yang memiliki teknologi seperti Autonomous Vehicle yang baru saja mengikuti event Electric Vehicle Exhibition di Nusa Dua Bali yang merupakan Official Side Event dari G20 yang diselenggarakan oleh Kementrian Perhubungan pada tanggal 11 - 16 November 2022.

Keren sih, akhirnya Indonesia punya juga kendaraan darat tanpa awak dan tentu Autonomous Vehicle ini menjadi kebanggaan bangsa. Meskipun masih dalam tahap uji coba penerapannya, semoga ke depannya cepat terealisasi untuk dapat diterapkan di jalan umum sehingga bisa mengurangi pengguna mobil pribadi bisa beralih ke kendaraan umum dan langsung Autonomous Car yang pastinya ramah lingkungan. 

Kendaraan otonom yang berasal dari Perancis dengan merk dagang  Navya Varian Arma yang mempunyai penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33kWh yang dapat bertahan selama 9 jam. Kendaraan listrik dengan dimensi 4,7m x 2,1 m dengan kapasitas penumpang 15 orang dengan formasi 11 duduk dan 4 berdiri.  Arma dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan GPS (Global Positioning System), sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil.


Transportasi listrik tanpa awak ini mempunyai kemampuan akselerasi, navigasi, hingga dapat mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya, termasuk menghindari halangan dan melakukan pemberhentian secara otonom. Duh rada-rada gimana gitu ya naik kendaraan tanpa awak, takutnya nabrak atau nyasar kemana mana, tapi kita gak perlu khawatir karena Autonomous Vehicle (AV) ini sudah ada beragam sensornya seperti yang telah disebutkan di atas dan juga AV ini memiliki sensor yang terhubung langsung ke GPS yang bisa membaca rute secara real time jadi jangan takut mobil ini keluar dari rute dan bahkan mobil ini memiliki sensor yang bisa mendeteksi benda yang menghalangi yang ada disekitarnya dari radius 5 meter, wow canggih ya. 

Alhasil mobil pintar ini banyak mengundang antusias warga sekitar yang ingin mencoba AV ini dengan harapan bisa menjadi transportasi  masa depan sebagai penunjang mobilitas masyarakat Indonesia. Setelah kurang lebih dua bulan lamanya Autonomous Vehicle ini mengadakan uji coba di QBig yang beroperasi dari hari Selasa - Minggu, dan saya waktu itu gagal dong mau uji coba AV ini karena datang di hari si AV ini tidak beroperasi alias libur, hehe. Tapi tidak usah khawatir apalagi putus asa ya buat yang belum berkesempatan mencoba AV ini, bisa bergeser ya ke Green Office Park BSD City karena Bus otomatis pertama di Indonesia ada di The Breeze, BSD City. 

Buat kalian yang penasaran mau coba AV, caranya gampang guys kalau mau mencoba AV ini, kita cukup memberikan pendapat mengenai AV di aplikasi OneSmile. AV dapat dicoba sampai tanggal 21 Desember 2022 kemudian AV akan dipamerkan didalam area The Breeze pada tanggal 22 Desember 2022 sampai 4 Januari 2023, so jangan sampai ketinggalan ya buat jajal AV di The Breeze BSD City. 

Dan akhirnya ya ternyata saya tidak halu dengan kendaraan tanpa awak karena ternyata terealisasikan juga meskipun masih pada tahap uji coba tapi saya sangat mengapresiasi dengan keberadaan First Autonomous Vehicle at Green Office Park, BSD City. Semoga bisa direalisasikan sebagai transportasi ramah lingkungan di Indonesia.***


Komentar

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mampir ke blog saya, semoga berkesan dan bermanfaat dan jangan lupa boleh tinggalkan jejak dengan memberi komentar, Bye..

Postingan populer dari blog ini

Sekarang Praktis Pesan Tiket Bus Budiman Bisa via Online

Bus Budiman ( Reguler ) Bisnis AC Sering bepergian ke luar kota dari kecil membuat saya tidak aneh dengan moda transportasi yang namanya bus, dari kelas ekonomi sampai eksekutif tentu pernah saya coba. Soal fasilitas yang dirasakan ya sudah tentu ada perbedaannya, tinggal pilih sesuai selera dan budget saja, hehe. Jadi ingat waktu kecil, pertama kali naik bus keluar kota rasanya senang banget ada perasaan gimana gitu bisa jalan-jalan sambil lihat pemandangan dan menikmati fasilitas bus. Sekarang tentu banyak bus yang disulap menjadi nyaman tidak seperti dulu yang kelas ekonomi aja bikin gerahnya minta ampun, belum lagi kalau berjubel dengan penumpang yang lain, hiks sedihnya waktu itu. Bahkan pengalaman dulu pernah sampai rebutan berlari-larian demi mendapatkan kursi di bus, dan bukan sekali dua kali ini terjadi karena hampir sebulan sekali saya keluar kota saat akhir pekan kebanyakan orang libur beraktivitas seperti sekolah dan kerja. Kebetulan rumah mertua di Banjar ( Ja...

Mengenal Lebih Dekat Keberagaman Dan Indahnya Alam Papua

Papua itu Indonesia Ada yang pernah nonton tayangan Ethnic Runaway? Dulu tayangan ini yang selalu saya nanti-nantikan. Tayangan yang selalu sukses membuat saya hanyut dalam suasana, seolah saya sedang berada di tempat tersebut. Namanya juga ethnic ya berarti unik dan spesial. Mengisahkan seperti misalnya kebiasaan adat setempat, tradisi leluhur, dan masih banyak lagi aktivitas yang membuat saya pengin berbaur dengan mereka. Merasa bangga dan bersyukur tinggal di negara yang kaya raya dengan budaya dan adat istiadat, banyak yang bilang kalau Indonesia itu surga nya dunia karena kaya akan hasil bumi, suku dan budaya yang beraneka ragam dan mempunyai semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya Berbeda-beda tetapi tetap satu jua. So, nikmat mana lagi yang kamu dustakan? Makanya beneran saya tidak tertarik untuk travelling ke luar negeri toh di sini juga masih banyak yang belum terjamah dan tidak kalah dengan luar negeri. Andai saya mampu pengin rasanya keliling Indonesia, semua b...

Store Tour Harga Teman Giant Bareng Meisya Siregar

Belanja, siapa sih yang tidak suka dengan belanja meskipun terkesan rempong tetapi kini belanja menjadi trend dan sesuatu yang hal yang paling asyik menurut saya. Apalagi kalau belanjanya ke tempat yang aman, nyaman, leluasa dan yang pastinya sering ada diskonan, hehe. Semua pasti sudah tidak asing lagi kan dengan Giant, tempat belanja favorit saya karena selain lokasinya dekat dengan tempat tinggal yang pastinya Giant ini punya daya tarik tersendiri karena bisa belanja sambil bermain bersama anak, ya seperti yang sudah saya jelaskan diatas akan senang bila aktivitas belanja berada dilingkungan yang aman, nyaman dan leluasa. Makanya saya suka belanja sambil bermain sama sikecil ke Giant, terlebih di Giant dekat kami ada kereta Thomas jadi ya anak sama bapaknya bermain sementara saya sibuk berbelanja di Giant. Sisi lain senang  berbelanja di Giant karena suka ada potongan harga, jadi ingat waktu masih sering belanja diapers anak selalu nunggu diskonan, hihi dan lumayan b...