Langsung ke konten utama

Cerita Dibalik Hp Jadul

Foto by Facebook Indonesia Jaman Dulu

Mengenal dan mulai memiliki gadget waktu saya masih duduk di bangku kuliah sekitar tahun 2000an, dulu barang ini masih dalam kategori barang tersier, belum sebanyak sekarang orang yang memiliki hp. Pertama kali saya punya tipe hp Nokia 3310, waktu itu senangnya bukan kepalang dan seperti sudah menjadi bagian dalam hidup.

Bagaimana tidak, rasa sepi yang selalu menghampiri karena saya tinggal dan besar bersama nenek, ya kami cuma berdua saja di rumah. Semenjak ada hp rasa sepi sedikit terobati karena komunikasi dengan siapa pun tiap hari selalu ada yang telpon atau SMS menanyakan kabar, ngobrol ngalor ngidul pokoknya jadi hangat gitu deh suasananya.

Meskipun telpon sama SMS terbatas karena mahalnya pulsa yang mencekik karena dulu isi pulsa minimalnya seratus ribu dan itu pun harus ke gerai nya, hiks benar-benar ada pengorbanannya dulu buat ingin punya hp, tapi dulu mah dilakoninya aja gak ada beban toh usia masih belia, masih lincah buat kesana kemari gak seperti sekarang yang gampang cape karena bobot tubuh yang membengkak, hiks.

Tapi biarpun penuh drama, banyak history nya tuh hp pada jaman dulu, mulai dari pulsa mahal, hp hilang di angkot dengan modus muntah, ganti-ganti hp dari yang mahal ke yang murah dan juga sebaliknya, demi apa coba? Jadi ceritanya gini ya:

Waktu jaman itu kan aku masih kuliah, nah otomatis butuh pengeluaran buat beli baju pan masa yang itu-itu aja, nah solusinya dengan ganti-ganti hp lah aku bisa beli baju, awalnya kan hp yang mahal terus dijual ganti ke hp yang murah dan kalau ada uang (biasanya pas hari raya) suka ada uang dari hasil angpao aku beliin hp yang mahalan lagi dan berulang sampai aku dapet kerja baru berhenti deh ganti-ganti hp haha.

Kebetulan punya teman kuliah yang sama gokilnya, namanya wini, kemana-mana suka bareng beli baju sampai punya hp samaan tipe nya (saat tak punya hp nya mentok di tipe N5110 haha) dan lebih klop ganti-ganti hp nya barengan pula karena memang sudah direncanakan. Terus kalau udah giliran punya hp gede pas naik angkot ada telpon gak mau ngangkat karena malu dan kalau kepepet harus balas SMS mesti ditutupin tas karena gengsi hp gagah perkasa (hp yang gede tahan banting itu lho). Duh kalo inget kejadian itu suka ketawa sendiri karena sampe segitunya demi hp dan lifestyle hihi.

Yang bikin gemes lagi kejadian hilang hp, waktu itu pas keluaran hp Siemens c35, dulu beli di harga 950rb, dulu lumayan kenceng lah harga segitu buat ukuran saya,mungkin lagi apes pas naik angkot 02 , entah dari mana tiba-tiba ada tiga orang laki-laki dan yang satu pakai ransel besar tapi kaya kosong dan itu berfungsi buat nutupin tangan yang siap menggerayangi tas korban, waktu itu saya duduk Deket kaca dipojokan lalu yang pura-pura muntah duduk sebelah saya dan yang bawa ransel persis di depan saya, ih kalo inget kejadian itu bener deh gemes pengen numpuk maling itu dan untung uang nya gak ikut keambil karena posisinya waktu itu saya mau nganter uang titipan ke paman saya di naripan.

Entah kebetulan juga itu maling hp turunnya gak lama setelah tujuan aku tiba, pas sampai di tujuan lihat tas hp gak ada ya udah disitu nangis sejadi-jadinya. Kehilangan hp udah kaya kehilangan teman/sahabat rasanya sakit banget apalagi uangnya dapat ngumpulin dan bisa terkumpul lagi kalau dapet angpao haha, disitu saya merasa sedih.

Well, begitulah cerita dibalik hp jadul yang ikut mewarnai kisah anak muda waktu itu (ciyeh ANAK MUDA, haha)kisah yang penuh warna, ramai semeriah seperti lampu latar warna biru, putih dan hijau serta dengan nada polyponix hihi (apasih), etapi jangan salah ya hp jadul itu kuat banget lho meski kebanting beberapa kali sampai casingnya amburadul batere sampai terlepas dan itu sering terjadi tapi masih aja nyala dan berfungsi dengan baik. Hmmm...jadi rindu hp jadul dan kisahnya.***

Komentar

  1. Sama aku juga rindu hp jadul terutama hp qwerty cross

    BalasHapus
  2. Enakan jaman dulu....
    Aku masih muda 🤣

    BalasHapus
  3. Enakan jaman dulu..
    Merk hape ituuuu aja..
    Kayak presiden....

    BalasHapus
  4. Hp no 3 itu apa ya brandnya lupa ih hp aku zaman dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ˢᵒⁿⁿʸ ᵉʳⁱᶜˢᵒⁿ ᵗ100 ᵏˡᵒ ᵍᵏ ˢᵃˡᵃʰ

      Hapus

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mampir ke blog saya, semoga berkesan dan bermanfaat dan jangan lupa boleh tinggalkan jejak dengan memberi komentar, Bye..

Postingan populer dari blog ini

Sekarang Praktis Pesan Tiket Bus Budiman Bisa via Online

Bus Budiman ( Reguler ) Bisnis AC Sering bepergian ke luar kota dari kecil membuat saya tidak aneh dengan moda transportasi yang namanya bus, dari kelas ekonomi sampai eksekutif tentu pernah saya coba. Soal fasilitas yang dirasakan ya sudah tentu ada perbedaannya, tinggal pilih sesuai selera dan budget saja, hehe. Jadi ingat waktu kecil, pertama kali naik bus keluar kota rasanya senang banget ada perasaan gimana gitu bisa jalan-jalan sambil lihat pemandangan dan menikmati fasilitas bus. Sekarang tentu banyak bus yang disulap menjadi nyaman tidak seperti dulu yang kelas ekonomi aja bikin gerahnya minta ampun, belum lagi kalau berjubel dengan penumpang yang lain, hiks sedihnya waktu itu. Bahkan pengalaman dulu pernah sampai rebutan berlari-larian demi mendapatkan kursi di bus, dan bukan sekali dua kali ini terjadi karena hampir sebulan sekali saya keluar kota saat akhir pekan kebanyakan orang libur beraktivitas seperti sekolah dan kerja. Kebetulan rumah mertua di Banjar ( Ja...

Mengenal Lebih Dekat Keberagaman Dan Indahnya Alam Papua

Papua itu Indonesia Ada yang pernah nonton tayangan Ethnic Runaway? Dulu tayangan ini yang selalu saya nanti-nantikan. Tayangan yang selalu sukses membuat saya hanyut dalam suasana, seolah saya sedang berada di tempat tersebut. Namanya juga ethnic ya berarti unik dan spesial. Mengisahkan seperti misalnya kebiasaan adat setempat, tradisi leluhur, dan masih banyak lagi aktivitas yang membuat saya pengin berbaur dengan mereka. Merasa bangga dan bersyukur tinggal di negara yang kaya raya dengan budaya dan adat istiadat, banyak yang bilang kalau Indonesia itu surga nya dunia karena kaya akan hasil bumi, suku dan budaya yang beraneka ragam dan mempunyai semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya Berbeda-beda tetapi tetap satu jua. So, nikmat mana lagi yang kamu dustakan? Makanya beneran saya tidak tertarik untuk travelling ke luar negeri toh di sini juga masih banyak yang belum terjamah dan tidak kalah dengan luar negeri. Andai saya mampu pengin rasanya keliling Indonesia, semua b...

Store Tour Harga Teman Giant Bareng Meisya Siregar

Belanja, siapa sih yang tidak suka dengan belanja meskipun terkesan rempong tetapi kini belanja menjadi trend dan sesuatu yang hal yang paling asyik menurut saya. Apalagi kalau belanjanya ke tempat yang aman, nyaman, leluasa dan yang pastinya sering ada diskonan, hehe. Semua pasti sudah tidak asing lagi kan dengan Giant, tempat belanja favorit saya karena selain lokasinya dekat dengan tempat tinggal yang pastinya Giant ini punya daya tarik tersendiri karena bisa belanja sambil bermain bersama anak, ya seperti yang sudah saya jelaskan diatas akan senang bila aktivitas belanja berada dilingkungan yang aman, nyaman dan leluasa. Makanya saya suka belanja sambil bermain sama sikecil ke Giant, terlebih di Giant dekat kami ada kereta Thomas jadi ya anak sama bapaknya bermain sementara saya sibuk berbelanja di Giant. Sisi lain senang  berbelanja di Giant karena suka ada potongan harga, jadi ingat waktu masih sering belanja diapers anak selalu nunggu diskonan, hihi dan lumayan b...