Langsung ke konten utama

Serempak Di Hari Blogger Nasional

Berbicara masalah seputar perempuan seolah tidak ada habisnya, mulai dari kekerasan rumah tangga sampai dengan pelecehan sexual kerap menghiasi berita. Saya sebagai perempuan sangat prihatin melihat data yang mencengangkan bahwa Indonesia adalah salah satu negara terbesar dengan korban perdagangan manusia.

Bertepatan dengan Hari Blogger yang jatuh pada tanggal 27 Oktober kemarin, @SerempakID mengadakan Talkshow The Power of Content di Binus Fx Jakarta dengan tema 3ends yaitu program dari kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Peelindungan Anak yang menjadi program utama Menteri Yohana untuk mewujudkan negara yang ramah pada perempuan dan anak.


Serempak adalah konten yang membahas seputar perempuan dan anak, dimana permasalahan ini harus kita dukung lewat tulisan yang bermanfaat dan tidak hanya memuat berita negatif saja.

Karena menurut Maman Suherman salah satu narasumber saat itu, mengatakan bahwa wanita juga perlu berita, jadi jangan hanya gosip saja tetapai harus diimbangi dengan sosok perempuan yang menginspirasi misalnya kan banyak juga keberhasilan yang diraih oleh perempuan.

Acara santai dibalut dengan nuansa nasionalis, kali itu benar-benar membuka mata hati saya, dimana teman-teman blogger perempuan yang datang saat itu menurut saya benar-benar power, tidak hanya melaksanakan tugasnya sebagai seorang ibu atau istri namun mereka juga selalu haus ilmu hingga rela datang dengan membawa sikecil yang menurut saya itu melelahkan dan merepotkan, namun demi profesionalisme seorang blogger semua di jalani tanpa beban, dan sepertinya enjoy karena sudah terbiasa.

Coba bandingkan dengan perempuan diluar sana, mungkin ada ditemui perempuan-perempuan yang doyan gosip dan kepoin masalah hidup orang, mereka sibuk mencari berita bahan gosip utk disebarkan di grup wa, hingga tak jarang banyak menuai konflik. Jujur saya prihatin jika keadaannya demikian, ingin rasanya mengalihkan perhatian mereka pada sesuatu hal yang positif karena kejahatan pada perempuan bisa terjadi karena minimnya pengetahuan sehingga mereka tidak tahu harus bagaimana bertindak.

Seperti apa yang dikatakan oleh salah satu narasumber @aniringo yang mengatakan banyak terjadi pelecehan bagi perempuan, misalnya dengan membuat judul tulisan yang menyudutkan perempuan yang menurutnya itu tidak etis.


Lepas dari masalah perempuan, @aniringo membahas tips menjadi seorang blogger yang profesional, salah satu diantarnya adalah HardNews: reporting, 5W1H dan FeatureStories.

Perjalanan blogging dari seorang @aniringo dimulai dari sejak tahun 2008, melalui kecintaannya menulis hingga seperti sekarang tentu banyak perjuangannya hingga akhirnya berbagai kesempatan datang untu menjadi narasumber di tingkat ASEAN, dan itu menjadi kabanggaan tersendiri.

Berkutat di era digital, bukan hanya skill menulis yang dibutuhkan tetapi juga personal branding, seperti yang bu Ina katakan bahwa personal branding itu penting, tekhnik bagaimana agar tulisan kita banyak dibaca dan orang suka dengan website kita.

Salah satunya dengan mencari sesuatu nama web yang unik atau theme yang menarik juga font yang berpariasi tidak melulu times new roman.


Hari itu benar-benar bikin melek mendengar paparan yang diberikan narasumber, ilmu dan networking tidak bisa dipisahkan di zaman seperti sekarang. Sesuai dengan tema The Power of Content acaranya benar full ilmu yang bermanfaat. Sampai ketemu di event @SerempakID selanjutnya.***




Komentar

  1. Iya setuju. Acara serempak ini sarat dengan ilmu dan informasi yang bermanfaat banget

    BalasHapus
  2. setuju mba, jauhi gosip dan kepo yang nggak jelas itu heheh...lebih baik sharing hal-hal yang bermanfaat aja yaa..

    BalasHapus
  3. full ilmu ya mba, jadi asik acaranya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mampir ke blog saya, semoga berkesan dan bermanfaat dan jangan lupa boleh tinggalkan jejak dengan memberi komentar, Bye..

Postingan populer dari blog ini

Sekarang Praktis Pesan Tiket Bus Budiman Bisa via Online

Bus Budiman ( Reguler ) Bisnis AC Sering bepergian ke luar kota dari kecil membuat saya tidak aneh dengan moda transportasi yang namanya bus, dari kelas ekonomi sampai eksekutif tentu pernah saya coba. Soal fasilitas yang dirasakan ya sudah tentu ada perbedaannya, tinggal pilih sesuai selera dan budget saja, hehe. Jadi ingat waktu kecil, pertama kali naik bus keluar kota rasanya senang banget ada perasaan gimana gitu bisa jalan-jalan sambil lihat pemandangan dan menikmati fasilitas bus. Sekarang tentu banyak bus yang disulap menjadi nyaman tidak seperti dulu yang kelas ekonomi aja bikin gerahnya minta ampun, belum lagi kalau berjubel dengan penumpang yang lain, hiks sedihnya waktu itu. Bahkan pengalaman dulu pernah sampai rebutan berlari-larian demi mendapatkan kursi di bus, dan bukan sekali dua kali ini terjadi karena hampir sebulan sekali saya keluar kota saat akhir pekan kebanyakan orang libur beraktivitas seperti sekolah dan kerja. Kebetulan rumah mertua di Banjar ( Ja...

Mengenal Lebih Dekat Keberagaman Dan Indahnya Alam Papua

Papua itu Indonesia Ada yang pernah nonton tayangan Ethnic Runaway? Dulu tayangan ini yang selalu saya nanti-nantikan. Tayangan yang selalu sukses membuat saya hanyut dalam suasana, seolah saya sedang berada di tempat tersebut. Namanya juga ethnic ya berarti unik dan spesial. Mengisahkan seperti misalnya kebiasaan adat setempat, tradisi leluhur, dan masih banyak lagi aktivitas yang membuat saya pengin berbaur dengan mereka. Merasa bangga dan bersyukur tinggal di negara yang kaya raya dengan budaya dan adat istiadat, banyak yang bilang kalau Indonesia itu surga nya dunia karena kaya akan hasil bumi, suku dan budaya yang beraneka ragam dan mempunyai semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya Berbeda-beda tetapi tetap satu jua. So, nikmat mana lagi yang kamu dustakan? Makanya beneran saya tidak tertarik untuk travelling ke luar negeri toh di sini juga masih banyak yang belum terjamah dan tidak kalah dengan luar negeri. Andai saya mampu pengin rasanya keliling Indonesia, semua b...

Store Tour Harga Teman Giant Bareng Meisya Siregar

Belanja, siapa sih yang tidak suka dengan belanja meskipun terkesan rempong tetapi kini belanja menjadi trend dan sesuatu yang hal yang paling asyik menurut saya. Apalagi kalau belanjanya ke tempat yang aman, nyaman, leluasa dan yang pastinya sering ada diskonan, hehe. Semua pasti sudah tidak asing lagi kan dengan Giant, tempat belanja favorit saya karena selain lokasinya dekat dengan tempat tinggal yang pastinya Giant ini punya daya tarik tersendiri karena bisa belanja sambil bermain bersama anak, ya seperti yang sudah saya jelaskan diatas akan senang bila aktivitas belanja berada dilingkungan yang aman, nyaman dan leluasa. Makanya saya suka belanja sambil bermain sama sikecil ke Giant, terlebih di Giant dekat kami ada kereta Thomas jadi ya anak sama bapaknya bermain sementara saya sibuk berbelanja di Giant. Sisi lain senang  berbelanja di Giant karena suka ada potongan harga, jadi ingat waktu masih sering belanja diapers anak selalu nunggu diskonan, hihi dan lumayan b...