Langsung ke konten utama

Menelusuri RSIA Evasari



Ketertarikan saya tentang pengetahuan Rumah Sakit karena begitu kompleks dengan masalah penanganan dan pelayanan terhadap pasien. Bagi pihak RS tentu tidak mudah menangani pasien dengan berbagai karakter baik yang dilakukan pasien maupun keluarga pasien itu sendiri, namun kesalah fahaman sering terjadi antara pihak RS dan pasien dimana satu sama lain tidak mengerti dan tidak menjelaskan duduk permasalahannya. 

 

Mendapat kesempatan untuk hadir sebagai undangan di acara tour Blogger Hospital yang digagas oleh mas Anjari Umarjianto, tentu sesuatu yang tidak boleh dilewatkan buat saya. Kami para blogger diberi kesempatan untuk mengetahui dunia RS mulai dari penanganan terhadap pasien, mengunjungi ruang rawat inap dan mendapat istilah-istilah dunia kedokteran yang begitu awam bagi kami.

Blogger Hospital dalam episode kedua ini yaitu berkunjung ke Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Evasari yang terletak di kawasan Jl. Rawamangun No.47 Jakarta Pusat. RSIA Evasari yang tergabung dalam RS Awal Bross berdiri sejak 38 tahun lalu. RSIA lengkap dengan poliklinik  yang siap melayani pasien khususnya Ibu dan Anak, dengan desain interior tidak seperti RS pada umumnya, ya memang katanya dulu merupakan rumah tinggal yang sekarang dijadikan gedung RSIA Evasari.


Tour pertama yang kami kunjungi adalah ruang UGD (Unit Gawat Darurat), ruangan dimana kondisi pasien akan dilihat secara darurat dan setiap RS wajib punya IGD (Inap Gawat Darurat), prinsipnya sesungguhnya harus bisa menangani umum. Ada satu hal yang saya jadi tahu tentang pelayanan yang harus segera ditangani, yaitu dimana pasien yang tidak selalu dilayani pertama karena seperti yang telah saya tulis diatas, tujuan UGD adalahuntuk melihat kondisi pasien yang tujuannya untuk menyelamatkan nyawa dan  mengurangi kecacatan untuk mendapatkan kemana rujukan kapan ke IGD atau klinik dan yang menentukan dr atau perawat.


Dalam ruang UGD itu ada beberapa kamar yang disekat oleh gorden, diantaranya ada Resusitasi: Tindakan kesulitan bernafas, Observasi Tindakan: Pasien yang mau dirawat, Ruang tindakan: Treatment Room, Bedah Minor: Standar ruang tindakan.

Lalu kami ke Ruang OK, ada beberapa ruangan seperti CCSD (Central Sterile Supply Deparsenary) yaitu ruangan tempat sterilisasi peralatan medis, ini juga saya jadi tahu ternyata pintu masuk dan pintu keluar dibedakan sehingga peralatan yang sudah dibersihkan tetap steril tidak terkontaminasi lagi dipintu saat masuk, alat pemberisih itu namanya auto clave.


Terus ada ruang HCU ( Hight Care Unit ), ICC (Intensif Care Cardio)/Jantung lalu ada ruang PERINATA (Perinatologi) yaitu ruang untuk bayi dan pemberian obat-obatan. Lalu kami melanjutkan tour ke Baby Show, dimana tempat ruangan bayi-bayi yang baru dilahirkan, dan dilanjutkan dengan menelusuri poli kebinanan, poli kandungan (ruang USG) dan Ruang Super VIP serta poli anak.



Satu hal yang membuat mata saya cerah yaitu saat melihat poli anak, desai ruangan yang berkonsep seperti taman bermain karena interior dinding yang digambar seperti Taman Kanak-kanak hal ini bertujuan agar anak tidak seperti sedang berada di Rumah Sakit. 

Pengalaman yang begitu berkesan dan berharga saat saya tergabung menjadi bagian Blogger Hospital, ilmu yang membuat wawasan saya bertambah tentang dunia medis yang bisa saya dapatkan dalam sekejap. Sampai jumpa di Blogger Hospital berikutnya.***


Sumber Foto Pribadi

Komentar

  1. Postingannya tak sesimple nama blognya hehe..
    Smg postingan ini bisa memberi pemahaman bagi pasien..
    Sampai jumpa pd #blogger2hoapital selanjutnya..

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mampir ke blog saya, semoga berkesan dan bermanfaat dan jangan lupa boleh tinggalkan jejak dengan memberi komentar, Bye..

Postingan populer dari blog ini

Sekarang Praktis Pesan Tiket Bus Budiman Bisa via Online

Bus Budiman ( Reguler ) Bisnis AC Sering bepergian ke luar kota dari kecil membuat saya tidak aneh dengan moda transportasi yang namanya bus, dari kelas ekonomi sampai eksekutif tentu pernah saya coba. Soal fasilitas yang dirasakan ya sudah tentu ada perbedaannya, tinggal pilih sesuai selera dan budget saja, hehe. Jadi ingat waktu kecil, pertama kali naik bus keluar kota rasanya senang banget ada perasaan gimana gitu bisa jalan-jalan sambil lihat pemandangan dan menikmati fasilitas bus. Sekarang tentu banyak bus yang disulap menjadi nyaman tidak seperti dulu yang kelas ekonomi aja bikin gerahnya minta ampun, belum lagi kalau berjubel dengan penumpang yang lain, hiks sedihnya waktu itu. Bahkan pengalaman dulu pernah sampai rebutan berlari-larian demi mendapatkan kursi di bus, dan bukan sekali dua kali ini terjadi karena hampir sebulan sekali saya keluar kota saat akhir pekan kebanyakan orang libur beraktivitas seperti sekolah dan kerja. Kebetulan rumah mertua di Banjar ( Ja...

Mengenal Lebih Dekat Keberagaman Dan Indahnya Alam Papua

Papua itu Indonesia Ada yang pernah nonton tayangan Ethnic Runaway? Dulu tayangan ini yang selalu saya nanti-nantikan. Tayangan yang selalu sukses membuat saya hanyut dalam suasana, seolah saya sedang berada di tempat tersebut. Namanya juga ethnic ya berarti unik dan spesial. Mengisahkan seperti misalnya kebiasaan adat setempat, tradisi leluhur, dan masih banyak lagi aktivitas yang membuat saya pengin berbaur dengan mereka. Merasa bangga dan bersyukur tinggal di negara yang kaya raya dengan budaya dan adat istiadat, banyak yang bilang kalau Indonesia itu surga nya dunia karena kaya akan hasil bumi, suku dan budaya yang beraneka ragam dan mempunyai semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya Berbeda-beda tetapi tetap satu jua. So, nikmat mana lagi yang kamu dustakan? Makanya beneran saya tidak tertarik untuk travelling ke luar negeri toh di sini juga masih banyak yang belum terjamah dan tidak kalah dengan luar negeri. Andai saya mampu pengin rasanya keliling Indonesia, semua b...

Store Tour Harga Teman Giant Bareng Meisya Siregar

Belanja, siapa sih yang tidak suka dengan belanja meskipun terkesan rempong tetapi kini belanja menjadi trend dan sesuatu yang hal yang paling asyik menurut saya. Apalagi kalau belanjanya ke tempat yang aman, nyaman, leluasa dan yang pastinya sering ada diskonan, hehe. Semua pasti sudah tidak asing lagi kan dengan Giant, tempat belanja favorit saya karena selain lokasinya dekat dengan tempat tinggal yang pastinya Giant ini punya daya tarik tersendiri karena bisa belanja sambil bermain bersama anak, ya seperti yang sudah saya jelaskan diatas akan senang bila aktivitas belanja berada dilingkungan yang aman, nyaman dan leluasa. Makanya saya suka belanja sambil bermain sama sikecil ke Giant, terlebih di Giant dekat kami ada kereta Thomas jadi ya anak sama bapaknya bermain sementara saya sibuk berbelanja di Giant. Sisi lain senang  berbelanja di Giant karena suka ada potongan harga, jadi ingat waktu masih sering belanja diapers anak selalu nunggu diskonan, hihi dan lumayan b...