Langsung ke konten utama

Jangan Jatuh Pada Personal Branding yang Salah


Banyak cara orang untuk melakukan berbagai hal untuk mempromosikan dirinya, sebab hari gini tanpa promosi rasanya hoax alias tidak ada pembuktian untuk memperlihatkan kemampuan seseorang. Zaman serba era digital, dimana sekarang personal branding menjadi hal yang pokok dan merupakan kebutuhan primer bagi mayoritas individu yang sedang mengejar karir atau dunia usaha ahkan dalam dunia politik sekalipun.
Menurut saya Personal Branding penting, dimana kita bisa menonjolkan kemampuan yang kita punya asalkan dengan natural tidak terkesan dibuat-buat. Apalagi sifatnya dadakan atau tidak sesuai dengan fakta dalam kesehariannya. Berbicara tentang Personal Branding, sangat menarik dan bisa jadi Personal Branding bisa kita jadikan sebagai modal awal untuk menuju kesuksesan.


Pada acara Bedah Buku Personal Branding karya Dewi Haroen bertempat di Gramedia Matraman Jakarta Pusat, banyak ilmu dan materi yang bisa saya serap, betapa sebuah Personal Branding tidak bisa asal-asalan dan tidak instant. Terlebih jika seseorang ingin terjun di dunia politik, ha ini penting untuk membekali diri agar tidak terjebak pada Branding yang salah, ungkap Dewi Haroen .

Dewi Haroen seorang pskilogi dan Penulis Buku Personal Branding Kunci Kesuksesan Berkiprah di Dunia Politik, karena menurut beliau dunia politik sangat unik, kompleks dan penuh tantangan. Banyak orang yang menghujat, tapi disisi lain banyak yang mencari dan menambakannya, meski harus berkorban tenaga, jiwa, harta dan nyawa.

Untuk berkiprah di dunia politik, Untuk bisa berkiprah di politik, dengan segala kekuasaan dan kebanggaan yang sering melekat, kualitas pribadi menjadi tuntutan yang mutlak harus dimiliki. Tapi, dalam prakteknya, kualitas pribadi saja masih jauh dari cukup. Banyak yag kualitas pribadinya bagus, namun masyarakat tidak memilihnya sebagai wakil di parlemen atau sebagai pemimpin.

Kenapa? Di sinilah personal branding menjadi jawaban. Dalam politik, kualitas pribadi memang penting untuk mencalonkan diri sebagai caleg, cabup, cagub, atau capres. Tapi, yang jangan sampai dilupakan adalah ternyata persepsi masyarakat terhadap kualitas seorang calon jauh lebih menentukan ketimbang kualitas riilnya.

Personal branding adalah proses membentuk brand Anda. Personal branding adalah proses mengelola imej dan persepsi publik terhadap Anda. Bagaimana caranya?

Buku ini memberi jawaban menyeluruh atas pertanyaan itu. Ditulis oleh seseorang dengan pengetahuan dan pengalaman yang sangat mumpuni di bidangnya, buku ini membawa Anda menelusuri sejumlah alasan dan bukti-bukti di lapangan kenapa personal branding wajib dilakukan.

Buku ini juga akan mengantarkan Anda memahami fakta tentang proses-proses branding yang asli dan yang palsu, yang otentik dan yang tidak otentik, yang direkayasa dengan manipulasi dan yang direkayasa dengan bukti-bukti.

Yang lebih penting lagi, buku ini memberi jawaban tentang bagaimana melakukan proses-proses branding yang asli, tanpa cara-cara manipulasi, namun dengan hasil yang pasti. (Sumber Sinopsis: http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/2010000225349/personal-branding.html )

Dari isi sinopsis diatas, banyak dari masyarakat luas yang melihat seseorang dari tampilan saat itu saja artinya melihat dari sisi pada waktu musiman tidak berdasarkan faktor yang riil, sedangkan masih banyak calon peminpin yang berkualitas pribadinya namun tidak diperhatikan oleh masyarakat. Senada dengan apa yang dikatakan oleh Prof.DR. Hamdi Muluk yang ikut hadir sebagai narasumber Bedah Buku Personal Branding, bahwa menurut beliau Branding tida identik dengan iklan, meskipun memang sifatnya iklan tetapi tidak semuanya berkaitan dengan iklan. Branding sebangun dengan pengertian membangun diri, menggali potensi pada satu tujuan yang jelas dengan baik dan kreatif.

Berkiprah didunia politik, ada baiknya memperhatikan dari segi ideology, platform program, aspirasi rakyat dan branding yang kuat. Mengemas keberhasilan Personal Branding menuju dunia Politik Kunci Sukses di dunia politik tentu tidak bisa dengan cara cepat. Memperlihatkan kualitas pribadi sesuai dengan karakteristik keseharian, meskipun personal branding itu sendiri bersifat manipulatif tetapi tidak semua branding bersifat demikian. 

Personal Branding bisa kita rintis mulai dari nol agar tidak terlihat semu yang bersifat hanya memperlihatkan yang baik-baik saja. Menurut saya personal branding bisa menceritakan awal mulainya terbentuknya seseorang hingga selama kiprahnya di dunia politik. Menurut Dewi Haroen, personal branding membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk meraih kunci kesuksesan didunia politik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekarang Praktis Pesan Tiket Bus Budiman Bisa via Online

Bus Budiman ( Reguler ) Bisnis AC Sering bepergian ke luar kota dari kecil membuat saya tidak aneh dengan moda transportasi yang namanya bus, dari kelas ekonomi sampai eksekutif tentu pernah saya coba. Soal fasilitas yang dirasakan ya sudah tentu ada perbedaannya, tinggal pilih sesuai selera dan budget saja, hehe. Jadi ingat waktu kecil, pertama kali naik bus keluar kota rasanya senang banget ada perasaan gimana gitu bisa jalan-jalan sambil lihat pemandangan dan menikmati fasilitas bus. Sekarang tentu banyak bus yang disulap menjadi nyaman tidak seperti dulu yang kelas ekonomi aja bikin gerahnya minta ampun, belum lagi kalau berjubel dengan penumpang yang lain, hiks sedihnya waktu itu. Bahkan pengalaman dulu pernah sampai rebutan berlari-larian demi mendapatkan kursi di bus, dan bukan sekali dua kali ini terjadi karena hampir sebulan sekali saya keluar kota saat akhir pekan kebanyakan orang libur beraktivitas seperti sekolah dan kerja. Kebetulan rumah mertua di Banjar ( Ja...

Mengenal Lebih Dekat Keberagaman Dan Indahnya Alam Papua

Papua itu Indonesia Ada yang pernah nonton tayangan Ethnic Runaway? Dulu tayangan ini yang selalu saya nanti-nantikan. Tayangan yang selalu sukses membuat saya hanyut dalam suasana, seolah saya sedang berada di tempat tersebut. Namanya juga ethnic ya berarti unik dan spesial. Mengisahkan seperti misalnya kebiasaan adat setempat, tradisi leluhur, dan masih banyak lagi aktivitas yang membuat saya pengin berbaur dengan mereka. Merasa bangga dan bersyukur tinggal di negara yang kaya raya dengan budaya dan adat istiadat, banyak yang bilang kalau Indonesia itu surga nya dunia karena kaya akan hasil bumi, suku dan budaya yang beraneka ragam dan mempunyai semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya Berbeda-beda tetapi tetap satu jua. So, nikmat mana lagi yang kamu dustakan? Makanya beneran saya tidak tertarik untuk travelling ke luar negeri toh di sini juga masih banyak yang belum terjamah dan tidak kalah dengan luar negeri. Andai saya mampu pengin rasanya keliling Indonesia, semua b...

Store Tour Harga Teman Giant Bareng Meisya Siregar

Belanja, siapa sih yang tidak suka dengan belanja meskipun terkesan rempong tetapi kini belanja menjadi trend dan sesuatu yang hal yang paling asyik menurut saya. Apalagi kalau belanjanya ke tempat yang aman, nyaman, leluasa dan yang pastinya sering ada diskonan, hehe. Semua pasti sudah tidak asing lagi kan dengan Giant, tempat belanja favorit saya karena selain lokasinya dekat dengan tempat tinggal yang pastinya Giant ini punya daya tarik tersendiri karena bisa belanja sambil bermain bersama anak, ya seperti yang sudah saya jelaskan diatas akan senang bila aktivitas belanja berada dilingkungan yang aman, nyaman dan leluasa. Makanya saya suka belanja sambil bermain sama sikecil ke Giant, terlebih di Giant dekat kami ada kereta Thomas jadi ya anak sama bapaknya bermain sementara saya sibuk berbelanja di Giant. Sisi lain senang  berbelanja di Giant karena suka ada potongan harga, jadi ingat waktu masih sering belanja diapers anak selalu nunggu diskonan, hihi dan lumayan b...