Langsung ke konten utama

Pasar Terapung Yang Menjadi Inspirasi Objek Wisata

Floating Market salah satu Djie Sam Soe Potret Mahakarya Indonesia | Karya Foto Abdullah

Floating Market atau pasar terapung merupakan aktivitas perdagangan yang berada di peraian dengan media   perahu sebagai tempatnya. Unik memang ketika melihat pasar tradisional di atas air, transaksi jual beli yang tidak hanya berada pada titik tertentu saja melainkan aktivitas bergerak mengikuti arus air, suasana ramai perahu yang saling berhimpitan dengan hilir mudiknya antara penjual dan pembeli dengan tangan memegang dayung tentu ini suasana yang asyik, unik dan mungkin saja aneh, kenapa harus di atas air? Disinilah letak khas nya dari keanekaragaman budaya Indonesia, selalu unik dan menarik sejumlah wisatawan lokal dan mancanegara.

 
Pertama kali saya melihat pasar terapung ini di sebuah cuplikan video klip di salah satu TV Swasta yang tayang beberapa menit yang menggambarkan sebuah aktivitas jual beli di atas perahu dengan tampak seorang nenek-nenek. Ya dari tontonan itu timbul dari benak saya tentang bagaimana asyiknya jika kita berada di pasar terapung, mungkin rasanya mustahil karena saya tidak mempunyai saudara di Kalimantan dan budget tidak memenuhi persyaratan jika ingin memaksa pergi ke sana.Oke lah, cukup menghayal dan membayangkan saja. Menurut sumber http://suraidah-spengha.blogspot.com/2012/05/pasar-terapung-muara-kuin.html, pasar terapung yang terkenal di Indonesia letaknya ada di Muara Kuin Banjarmasin, aktivitas yang dilakukan dimulai pada pukul 03.30 wita sampai ketika matahari mulai terbit sekitar pukul 06.30 wita dan jangan harap bisa menikmati hiruk pikuk aktivitas pasar tradisional di peraiaran karena akan sepi jika kita datang di luar jam yang telah biasa dilakukan.

Pernah juga ketika saya menonton tayangan tentang pasar terapung masih di Indonesia juga tetapi saya lupa tepat di provinsi mana, para pedagang ini melakukan penjualan barang dengan perkeranjang artinya pembeli harus membeli satu keranjang dan tidak boleh dengan membeli dengan cara satuan atau per kilo. Mungkin alasan ini sebuah atau tradisi, sebagai pembelipun kita harus patuh dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Sebagai bangsa yang besar tentu kita harus menghargai dari setiap tradisi dari masing-masing daerah, kekayaan budaya yang kita miliki bisa menjadi asset yang sangat berharga. Dari tradisi hingga menjadi kebudayaan dengan menjadikan objek wisata karena ke khas an nya dan keunikannya. Bagi masyarakat sekitar mungkin hal ini tidak aneh, tetapi bagi masyarakat di luar daerah tentu ini menjadi impian untuk mengunjungi pasar terapung sebenarnya. 

Floating Market Lembang | sumber foto Pribadi

Pasar terapung yang menjadi ikon kota Banjarmasin telah banyak menginsiprasi sejumlah kawasan wisata di berbagai daerah, contohnya kota Bandung yang dijukluki sebagai Paris Van Java. Di kota ini saya bisa mewujudkan impian saya untuk berada di pasar terapung meskipun bukan pasar terapung sebenarnya karena pasar terapung ini hanya si penjual yang berada di atas air dan perahu yang menepi di pinggir peraian, sedangkan pembeli kebanyakan hanya melakukan aktivitas di darat, meski kita bisa menyewa sepeda air karena keterbatasan tempat dan  berada di danau buatan bukan sungai asli seperti di Banjarmasin.

Akan tetapi dengan konsep pasar terapung yang berada di Floating Market Lembang ini, bisa mewakili para wisatawan yang keterbatasan biaya seperti saya namun bisa menikmati suasana pasar terapung dan setidaknya ikut melestarikan budaya khas Indonesia khususnya Banjarmasin.

Melalui Djie Sam Soe Potret Mahakarya Indonesia, semoga pasar terapung tidak lekang di makan usia dan bisa berkembang di era modern saat ini.***


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekarang Praktis Pesan Tiket Bus Budiman Bisa via Online

Bus Budiman ( Reguler ) Bisnis AC Sering bepergian ke luar kota dari kecil membuat saya tidak aneh dengan moda transportasi yang namanya bus, dari kelas ekonomi sampai eksekutif tentu pernah saya coba. Soal fasilitas yang dirasakan ya sudah tentu ada perbedaannya, tinggal pilih sesuai selera dan budget saja, hehe. Jadi ingat waktu kecil, pertama kali naik bus keluar kota rasanya senang banget ada perasaan gimana gitu bisa jalan-jalan sambil lihat pemandangan dan menikmati fasilitas bus. Sekarang tentu banyak bus yang disulap menjadi nyaman tidak seperti dulu yang kelas ekonomi aja bikin gerahnya minta ampun, belum lagi kalau berjubel dengan penumpang yang lain, hiks sedihnya waktu itu. Bahkan pengalaman dulu pernah sampai rebutan berlari-larian demi mendapatkan kursi di bus, dan bukan sekali dua kali ini terjadi karena hampir sebulan sekali saya keluar kota saat akhir pekan kebanyakan orang libur beraktivitas seperti sekolah dan kerja. Kebetulan rumah mertua di Banjar ( Ja...

Mengenal Lebih Dekat Keberagaman Dan Indahnya Alam Papua

Papua itu Indonesia Ada yang pernah nonton tayangan Ethnic Runaway? Dulu tayangan ini yang selalu saya nanti-nantikan. Tayangan yang selalu sukses membuat saya hanyut dalam suasana, seolah saya sedang berada di tempat tersebut. Namanya juga ethnic ya berarti unik dan spesial. Mengisahkan seperti misalnya kebiasaan adat setempat, tradisi leluhur, dan masih banyak lagi aktivitas yang membuat saya pengin berbaur dengan mereka. Merasa bangga dan bersyukur tinggal di negara yang kaya raya dengan budaya dan adat istiadat, banyak yang bilang kalau Indonesia itu surga nya dunia karena kaya akan hasil bumi, suku dan budaya yang beraneka ragam dan mempunyai semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya Berbeda-beda tetapi tetap satu jua. So, nikmat mana lagi yang kamu dustakan? Makanya beneran saya tidak tertarik untuk travelling ke luar negeri toh di sini juga masih banyak yang belum terjamah dan tidak kalah dengan luar negeri. Andai saya mampu pengin rasanya keliling Indonesia, semua b...

Store Tour Harga Teman Giant Bareng Meisya Siregar

Belanja, siapa sih yang tidak suka dengan belanja meskipun terkesan rempong tetapi kini belanja menjadi trend dan sesuatu yang hal yang paling asyik menurut saya. Apalagi kalau belanjanya ke tempat yang aman, nyaman, leluasa dan yang pastinya sering ada diskonan, hehe. Semua pasti sudah tidak asing lagi kan dengan Giant, tempat belanja favorit saya karena selain lokasinya dekat dengan tempat tinggal yang pastinya Giant ini punya daya tarik tersendiri karena bisa belanja sambil bermain bersama anak, ya seperti yang sudah saya jelaskan diatas akan senang bila aktivitas belanja berada dilingkungan yang aman, nyaman dan leluasa. Makanya saya suka belanja sambil bermain sama sikecil ke Giant, terlebih di Giant dekat kami ada kereta Thomas jadi ya anak sama bapaknya bermain sementara saya sibuk berbelanja di Giant. Sisi lain senang  berbelanja di Giant karena suka ada potongan harga, jadi ingat waktu masih sering belanja diapers anak selalu nunggu diskonan, hihi dan lumayan b...